TERAPAN MCRNG SEBAGAI GENERATOR ACAK UNTUK GAME
DOI:
https://doi.org/10.33020/saintekom.v12i1.146Keywords:
Animal Recognition, Educational, Game, MCRNG, Random Generatorabstract
Most game s are used as a means of entertainment, but can also function as a means of training, education and simulation. In the field of education, educational game s can be applied by adopting educational materials to be informed in an interesting way to users. To provide a challenge to the user, the concept of level and scoring is applied in the game . The type of game made is a quiz-based educational game . Elements of educational game s made in the form of text, images, sounds and videos regarding knowledge about the classification of vertebrate and invertebrate animals. The data and answers used in the quiz are also displayed in a random way. The randomization process uses a random generator that applies the concept of Multiplicative Congruential Random Number Generator (CRNG). The use of this generator is intended so that users get different questions and answer compositions at each level. This is so that the user does not get bored quickly and the game becomes more interesting to play. So that the user indirectly conducts learning activities because the information conveyed is in the form of knowledge that is packaged in the form of a game.
Downloads
References
Alfaris, H. B. I., Anam, C. and Masy’an, A. (2013) ‘Implementasi BlackBox Testing Pada Sistem Informasi Pendaftaran Santri Berbasis Web Dengan Menggunakan PHP dan MySQL’, SAINTEKBU: Jurnal Sains dan Teknologi, 6(1), pp. 23–38.
Goldstone, W. (2009) Unity Game Development Essentials, Image Rochester NY.
L’Ecuyer, P. (1994) ‘Uniform random number generation’, Annals of Operations Research, 53(1), pp. 77–120. doi: 10.1007/BF02136827.
Olu, A. (2012) ‘A Simulated Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games using Domain-Specific Data Structures’, International Journal of Computer Applications, 54(11), pp. 975–8887. Available at: http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.259.114&rep=rep1&type=pdf.
Pencarian, D. A. N. and Berbasis, O. (2014) ‘Aplikasi permainan asteroid shooter menggunakanmcrng dan a* sebagai algoritma randoming spawn dan pencarian objek berbasis mobile skripsi’.
Rahman, A. (2016) ‘Pengacakan Random Sampling Dengan Pendekatan Inverse-Transform Random Variate Generator Berbasis’, (July).
Sakurai,M. and Murayama, Y. (2019)‘Information technologies and disaster management –Benefits and issues -’, Progress in Disaster Science. The Authors, 2, p. 100012. doi: 10.1016/j.pdisas.2019.100012.
Sweet, E. (2016) ‘Information systems auditing: tools and techniques’, ISACA Journal,pp.01–18. Available at: https://www.isaca.org/COBIT/Documents/IS-auditing-creating-audit-programs_whp_eng_0316.pdf.
Zeller, A. and Neuhaus, S. (no date) ‘Random Number Generator Designs’, St.Cs.Uni-Saarland.De. Available at: http://www.st.cs.uni-saarland.de/edu/secdesign/randgen.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Terbitan
Bagian
License
Copyright (c) 2022 Usman Nurhasan, Bagus Purnomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :.
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.