PELATIHAN DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK LOKAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DESA CIPAKEM

Authors

  • Dadan Nugraha Universitas Kuningan
  • Nunu Nugraha Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.842

Keywords:

Branding, Digitalisasi, E-commerce, Pelatihan, UMKM

Abstract

Produk makanan khas Desa Cipakem memiliki potensi besar sebagai daya tarik wisata dan sumber peningkatan ekonomi lokal. Namun, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah tersebut masih menghadapi berbagai kendala dalam pemasaran, terutama karena keterbatasan pengetahuan dan penguasaan teknologi digital. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk lokal melalui pelatihan digitalisasi pemasaran, penguatan teknik branding, dan optimalisasi kemasan produk (packaging). Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) yang menekankan keterlibatan aktif peserta dalam pelatihan berbasis praktik langsung. Pelatihan difokuskan pada penggunaan aplikasi e-commerce, desain label, dan strategi pengemasan yang menarik. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, ditunjukkan dengan kemampuan membuat akun, mengunggah produk, serta merancang kemasan yang lebih profesional. Kegiatan ini tidak hanya mendorong transformasi digital UMKM, tetapi juga memperkuat kesiapan mereka bersaing di pasar yang lebih luas, serta memberikan kontribusi nyata terhadap penguatan ekonomi lokal berbasis potensi desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rachmawati M. The Use of Digitalization Of Information In Developing Digital Marketing for MSMEs. Edusight International Journal of Multidisciplinary Studies. 2024;1(1).

Hikmah LS, Wijaya RS. Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Di Kota Sidoarjo. Komunitas?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2023 Dec 11;3(2).

Septyarina Hastin Wulandari, Siti Saroh, Khoiriyah Trianti. Analysis of The Role of Marketing Digitalization on Ease Of Digital Transactions (Case Study Of Kaf’s Dorayaki MSMES). International Journal of Entrepreneur and Business Administration. 2023 Sep 20;1(1):53–66.

Pangestu MG, Yossinomita Y, Pangestu MG, Angraini D. Pelatihan Digitalisasi Marketing dalam Upaya Peningkatan Produksi dan Pemasaran pada Bisnis Online UMKM Kerupuk Ikan Kelurahan Pasir Panjang. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA. 2023 Nov 19;2(2).

Erwansyah E, Saragih R, Purba TOH. Penguatan Digitalisasi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan pada Pelaku Umkm Perempuan di Kota Medan, Sumatera Utara. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat METHABDI. 2022 Dec 31;2(2):137–44.

Suharsono TN, Gunawan G, Sukmana RN, Rahman FA, Ammarulloh SM. Peningkatan Desain Foto Produk dan Pemasaran Berbasis Digital Kelompok UMKM Makanan di Kecamatan Cinambo. Jurnal Abdimas Sang Buana. 2023 Nov 30;4(2):62.

Lestari R, Putra Pratama VR. Implementasi Sistem SMARK UMKM dan Literasi Investasi Pada UMKM di Kota Bandung. Jurnal Abdimas Sang Buana. 2024 Nov 30;5(2):100–9.

Brown TM. Participatory Action Research. Oxford Research Encyclopedia of Criminology and Criminal Justice. 2024;

Qomar Moh, Karsono LDP, Aniqoh FZ, Aini CN, Anjani Y. Peningkatan kualitas umkm berbasis digital dengan metode participatory action research (par). Community Dev J [Internet]. 2022;3(1):74–81. Available from: https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3494

Siswadi S, Syaifuddin A. Penelitian Tindakan Partisipatif Metode Par (Partisipatory Action Research) Tantangan dan Peluang dalam Pemberdayaan Komunitas. Ummul Qura: Jurnal Institut Pesantren Sunan Drajat (INSUD) Lamongan. 2024;

Sufiyanto MI, Anwar M, Khairunisa K. Penguatan SDGS Pesantren Melalui Pengelolaan Sampah Berbasis Participatory Action Research (PAR). 2024;

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-20

How to Cite

Dadan Nugraha, & Nunu Nugraha. (2025). PELATIHAN DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK LOKAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DESA CIPAKEM. SENTRA ABDIMAS: Sinergi Dan Transformasi Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 52–60. https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.842