STRATEGI PROMOSI UMKM PAKAIAN THRIFT @YESSGOOD_ID
DOI:
https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.853Keywords:
UMKM, media sosial, thrift, promosiAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong perekonomian nasional, namun mereka sering kali menghadapi tantangan dalam pemasaran digital, terutama melalui media sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan UMKM thrift pakaian @yessgood_id di Kabupaten Indralaya melalui strategi promosi berbasis media sosial, khususnya Instagram. Permasalahan utama yang dihadapi pemilik thrift adalah keterbatasan dalam pembuatan konten visual, pengelolaan media sosial, dan strategi promosi yang kurang efektif. Metode pelaksanaan meliputi psikoedukasi strategi promosi berbasis psikologi massa, pendampingan pengelolaan Instagram, dan edukasi publik kepada audiens mengenai kesehatan pakaian thrift. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah pengikut, interaksi, dan tayangan akun Instagram. Selain itu, terjadi perbaikan kualitas visual dan peningkatan pemahaman pemilik usaha terhadap strategi promosi digital. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan terpadu antara psikologi komunikasi massa dan teknik pemasaran digital mampu meningkatkan efektivitas promosi UMKM secara berkelanjutan dan mandiri di era digital.
Downloads
References
Armstrong, C. M., Niinimäki, K., Kujala, S., Karell, E., & Lang, C. (2016). Sustainable product-service systems for clothing: Exploring consumer perceptions of consumption alternatives in Finland. Journal of Cleaner Production, 97, 30–39. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2014.01.046
Belch, G. E., & Belch, M. A. (2018). Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective (11th ed.). McGraw-Hill Education.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing (7th ed.). Pearson Education Limited.
Chuang, H.-M., & Chen, C.-I. (2023). The role of two-way influences on sustaining green brand engagement and loyalty in social media. Sustainability, 15(2), 1291. https://doi.org/10.3390/su15021291
Deviyarty, S., Lestari, D. S., & Panjaitan, F. (2021). Analisis pengaruh perencanaan pajak, beban pajak kini dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba pada perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Keuangan, 8(1), 12-20. Diambil dari https://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JABK/article/view/62
DJPB Kemenkeu. (2023). UMKM sebagai pilar penting dalam pemulihan ekonomi nasional. Diambil dari https://www.djpb.kemenkeu.go.id.
Elias, S., Hedge, S., Yadav, P., & Jain, P. (2023). Impact of thrifting on fashion, teenagers and the environment. International Journal of Research Publication and Reviews, 4(4), 2886–2894. https://doi.org/10.55248/gengpi.2023.4.4.35841
Fadli, Z., Februadi, A. C., & Senalasari, W. (2021, September). Mengukur tingkat persepsi risiko konsumen terhadap produk pakaian bekas. Dalam Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 12, hlm. 1156-1161).
Kusindriyanti, N., Utari, P., & Sudarmo, S. (2023). Digital communication's role in shaping Indonesian thrift culture: A literature review. Dalam Proceedings of International Conference on Science, Health, And Technology.
Mero (Järvinen), J. (2018). The effects of two-way communication and chat service usage on consumer attitudes in the e-commerce retailing sector. Electron Markets, 28, 205–217. https://doi.org/10.1007/s12525-017-0281-2
Nasrullah, R. (2015). Media sosial: Perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.
Pemerintah Republik Indonesia. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Diambil dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/37541/uu-no-20-tahun-2008
Percy, L., & Rosenbaum-Elliott, R. (2016). Strategic advertising management (5th ed.). Oxford University Press.
Pudrianisa, S. L. G., Pangestu, Y. P. K., & Ahmad, M. A. (2023). Digital marketing sebagai strategi branding dan promosi jamu lugu murni Yogyakarta. Massa APJIKI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–11. Diambil dari https://www.jurnalapjiki.org/index.php/massa/article/view/184
Rombe, E., Nurmalasari, N. R., Bachri, S., & Auriza, M. Z. (2023). Pengaruh social media marketing Instagram dan harga terhadap keputusan pembelian produk thrift dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pada youth thrift market di Kota Palu. Manajemen Dewantara, 7(3), 388-399. https://doi.org/10.30738/md.v7i3.14873
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2023). Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39–47. https://samudrapublisher.com/index.php/JISOSEPOL/article/view/284
Situmorang, M. S., Damanik, A. S., & Darmansyah, T. (2025). Efektivitas monitoring dan evaluasi dalam implementasi kebijakan pendidikan: Pendekatan dan tantangan. ARJUNA, 3(1), 152–161. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i1.1486
Solomon, M. R. (2017). Consumer behavior: Buying, having, and being (12th ed.). Pearson Education.
Subiakto, H., & Rusadi, U. (2020). Komunikasi di era digital: Literasi, etika dan budaya bermedia sosial. Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Umasugi, M. T. (2021). Sosialisasi dan edukasi pemberian vaksin sebagai upaya trust pada masyarakat Kota Ambon. Journal of Human and Education (JAHE), 1(2), 5-7. https://doi.org/10.31004/jh.v1i2.12
Wardhana, A. (2025). Social media marketing strategy – Edisi Indonesia. CV Eureka Media Aksara.
Yadav, N., & Sijoria, C. (2024). Consumer shift from fast fashion to thrift fashion: an application of goal framing theory. Business Perspectives and Research. https://doi.org/10.1177/22785337241255832
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amelia Dinda Nathasya, Latifa Dzakiyah, Denisa Ratu Sirikit, 'Azizah Nurfaizah, Ratu Viola Nursahla, Indra Prapto Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.