PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Ayatusa'adah Ayatusa'adah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Yatin Mulyono Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Ridha Nirmalasari Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Dera Damayanti Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.856

Keywords:

asesmen, Kurikulum Merdeka, Peningkatan kompetensi guru

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memahami dan mengimplementasikan asesmen pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka di MA Darul Ulum Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah pelatihan berbentuk workshop intensif selama dua hari, yang terdiri atas penguatan konsep asesmen dan praktik penyusunan instrumen secara kolaboratif. Tahapan kegiatan yaitu identifikasi kebutuhan, pelatihan, pendampingan dan refleksi. Peserta kegiatan adalah 23 orang guru MA Darul Ulum Palangka Raya. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan guru, yang tercermin dari perbandingan skor pretest dan posttest serta tingkat kepuasan peserta yang tinggi terhadap materi dan metode pelatihan. Selain itu, peserta memberikan masukan mengenai pentingnya pendampingan berkelanjutan dan pengembangan modul berbasis kebutuhan lapangan. Simpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan yang dilaksanakan secara sistematis dan partisipatif mampu memberikan manfaat nyata dalam mendukung penerapan Kurikulum Merdeka dan peningkatan mutu pembelajaran di madrasah. Kegiatan pelatihan yang dilakukan mendorong terciptanya budaya reflektif dan kolaboratif antar guru di madrasah dan hal ini berkontribusi positif terhadap upaya berkelanjutan dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (2021) ‘Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan’. Jakarta.

Achmad, G., Ratnasari, D., Amin, A., Yuliani, E., & Liandara, N. (2022). Penilaian autentik pada kurikulum merdeka belajar dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5685-5699. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3280

Arisanti, D. (2022). Analisis kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 243-250. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386

Firda, F., Habibi, H., & Matlubah, H. (2024). Pembelajaran kontekstual ipa berbasis potensi lokal bagi siswa kepulauan sumenep. SNAPP, 2(1), 164-178. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3135

Fitriyah, S., Sutadji, E., Dewi, R., Suyitno, I., & Anggraini, A. (2024). Asesmen autentik pada pembelajaran seni budaya kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5587-5593. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4512

Gusmawan, D. and Herman, T. (2023). Persepsi guru matematika terhadap kemampuannya dalam implementasi kurikulum merdeka. Sjme (Supremum Journal of Mathematics Education), 7(1), 83-92. https://doi.org/10.35706/sjme.v7i1.7103

Heryahya, A., Herawati, E., Susandi, A., & Zulaiha, F. (2022). Analisis kesiapan guru sekolah dasar dalam implementasi kurikulum merdeka. Journal of Education and Instruction (Joeai), 5(2), 548-562. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i2.4826

Hasmawati and Muktamar, A (2023). Asesmen dalam Kurikulum Merdeka Perspektif Pendidikan Agama Islam. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research. 1 (3) 197-211.

Hermawan, M.S., Putra, D.G.A., Prabawa, Wardana, Zogara, & Sari, K. S (2023). Pelatihan Asesmen Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di SMPN 2 Kerambitan, Tabanan, Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(7), 1367-1375.

Jusuf, H. and Sobari, A. (2022). Pembelajaran paradigma baru kurikulum merdeka pada sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ubj, 5(2), 185-194. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v5i2.1360

Marlia, A., Rieartika, A., Indriani, S., Iklimah, L., Wulandari, T., Karunia, T., … & Dewi, A. (2024). Menelaah kendala implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar: slr. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama, 2(3), 100-106. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.744

Mirawati, M., Justicia, R., Halimah, L., & Hopiani, A. (2023). Pelatihan interaktif untuk meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan kosp dan modul ajar berbasis kurikulum merdeka di lembaga paud. Jurnal Usia Dini, 9(2), 128. https://doi.org/10.24114/jud.v9i2.52406

Muhafid, E. and Setiawan, C. (2024). Sudahkah guru siap melaksanakan "merdeka belajar" dalam konteks asesmen nasional?. JPG Jurnal Pendidikan Guru, 5(2), 285-293. https://doi.org/10.32832/jpg.v5i2.15857

Nurmalasari, W. (2023). Penilaian autentik pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas iv sekolah dasar.

Jurnal Pendidikan Dewantara Media Komunikasi Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 9(1), 30-43. https://doi.org/10.55933/jpd.v9i1.488

Pantiwati, Y. (2016). Hakekat asesmen autentik dan penerapannya dalam pembelajaran biologi. Jems Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 18. https://doi.org/10.25273/jems.v1i1.773

Putri, D., Umah, A., & Ahsanunadya, A. (2024). Kajian penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran ipa di salah satu smp di kabupaten ponorogo. J. Labschool Cibubur, 2(1), 15-29. https://doi.org/10.62203/jkjip.v2i1.22

Putro, H.Y.S., Makaria, C.E., Hairunisa, Rahman, G. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul). 2(4), 698-705. DOI: https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4

Rentiga, S. (2020). “lingkungan berkaitan erat terhadap pembelajaran bahasa indonesia.. https://doi.org/10.31219/osf.io/zumqp

Rijal, A. and Valen, A. (2024). In house training kurikulum merdeka menumbuhkan budaya demokrasi, kreatif, dan inovatif guru dan siswa madrasah aliyah negeri 2 lubuklinggau. Madaniya, 5(2), 491-498. https://doi.org/10.53696/27214834.798

Ritonga, R., Harahap, R., & Adawiyah, R. (2023). Pendampingan guru sekolah penggerak dalam menganalisis prinsip asesmen dan prinsip pembelajaran pada kurikulum merdeka. Kreatif Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 164-174. https://doi.org/10.55606/kreatif.v3i1.1262

Sartini, S. and Mulyono, R. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka belajar untuk mempersiapkan pembelajaran abad 21. Didaktik Jurnal Ilmiah PGSD Stkip Subang, 8(2), 1348-1363. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.392

Sucipto, S., Sukri, M., Patras, Y., & Novita, L. (2024). Tantangan implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar: systematic literature review. Kalam Cendekia Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i1.84353

Zulkarnaen, Z., Wardhani, J., Katoningsih, S., & Asmawulan, T. (2023). Manfaat model pembelajaran projectbased learning untuk pendidikan anak usia dini dan implementasinya dalam kurikulum merdeka. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 394. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52951

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-20

How to Cite

Ayatusa’adah, A., Mulyono, Y., Nirmalasari, R., & Damayanti, D. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH. SENTRA ABDIMAS: Sinergi Dan Transformasi Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 61–73. https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.856