MENGGAMBAR BEBAS SEBAGAI MEDIA EKSPRESI ANAK DI PESANTREN: KAJIAN PSIKOLOGI SENI DAN KEARIFAN LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.871Keywords:
psikologi seni, menggambar bebas, tes grafis, ekspresi anakAbstract
Seni memiliki fungsi penting sebagai sarana untuk menyalurkan emosi dan merefleksikan kondisi psikologis, serta untuk menyelami kompleksitas emosi manusia, memungkinkan terungkapnya ekspresi emosional secara non-verbal terutama pada anak-anak. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana anak-anak di Pesantren Al-Munawir mengekspresikan emosi mereka melalui aktivitas menggambar bebas dengan pendekatan tes grafis dengan House-Tree-Person (HTP). Menggunakan metode kualitatif dan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara semi-terstruktur, serta dokumentasi karya gambar anak. Hasil studi menunjukkan bahwa gambar-gambar yang dihasilkan mencerminkan berbagai emosi seperti kegembiraan, kecemasan, hingga harapan, yang menunjukkan kondisi psikologis masing-masing anak. Hal ini menegaskan bahwa aktivitas seni, khususnya menggambar bebas, dapat berfungsi sebagai media refleksi diri dan pendekatan terapeutik dalam lingkungan pesantren. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar kegiatan seni dimasukkan secara sistematis ke dalam program pembinaan anak-anak di pesantren untuk mendukung perkembangan emosional dan psikologis mereka secara holistik serta sebagai salah satu upaya untuk melihat perkembangan anak, secara holistik melalui analisis tes grafis yang digunakan.
Downloads
References
Weng, H. C., Huang, L. Y., Imcha, L., Huang, P. C., Yang, C. T., Lin, C. Y., & Li, P. H. (2024). Drawing as a window to emotion with insights from tech-transformed participant images. Scientific reports, 14(1), 11571. https://doi.org/10.1038/s41598-024-60532-6 .
Fan, J. E., Bainbridge, W. A., Chamberlain, R., & Wammes, J. D. (2023). Drawing as a versatile cognitive tool. Nature reviews psychology, 2(9), 556–568. https://doi.org/10.1038/s44159-023-00212-w
Santillo, G., Morra, R. C., Esposito, D., & Romani, M. (2025). Projective in Time: A Systematic Review on the Use of Construction Projective Techniques in the Digital Era-Beyond Inkblots. Children (Basel, Switzerland), 12(4), 406. https://doi.org/10.3390/children12040406
Jean-Berluche, D. (2024). Creative expression and mental health. Journal of Creativity, 34(2), Article 100083. https://doi.org/10.1016/j.yjoc.2024.100083
Bainbridge, W. A. (2022). A tutorial on capturing mental representations through drawing and crowd-sourced scoring. Behavior Research Methods, 54, 663–675. https://doi.org/10.3758/s13428-021-01672-9
Bat Or, M., Ishai, R., Barkay, N., & Shalev, O. (2022). Visual Expressions of Children's Strengths, Difficulties and Wishes in Person Picking an Apple from a Tree Drawings among Preschoolers Living in Areas of Persistent Political Violence. Children (Basel, Switzerland), 9(9), 1387. https://doi.org/10.3390/children9091387
Little, R. K., & Little, J. D. (2024). New Directions for Arts Education through the Health Humanities: Wellness, Care and Interdisciplinary Learning Using Creative Elaboration. Education Sciences, 14(5), 498. https://doi.org/10.3390/educsci14050498
Andrijauskas, A. (2022). The Sources of the Psychology of Art and Its Place among the Disciplines That Study Art and Creativity. Arts, 11(5), 96. https://doi.org/10.3390/arts11050096
Creative Education as An Innovation In Islamic Boarding Schools. (2025). EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 23(1), 131-147. https://doi.org/10.32729/edukasi.v23i1.1966
Tongue, J., Qualter, P., & Bond, C. (2025). “You Could Sit and Think, I’m Not Alone with This”: A Multi-Agency Early Years Creative Arts Parent Project. Education Sciences, 15(4), 495. https://doi.org/10.3390/educsci15040495
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cahyo Wahyu Darmawan, Helna Fitriana, Ahmad Zaini Mahmud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.