Literasi Digital MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL UMKM DENGAN PELATIHAN COPYWRITING SEBAGAI SOLUSI PEMASARAN KREATIF
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.872Keywords:
Literasi Digital, UMKM, Copywriting, AI, Pemasaran DigitalAbstract
Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing melalui pemasaran digital. Salah satu keterampilan yang penting dalam pemasaran digital adalah copywriting, yaitu teknik menulis pesan pemasaran yang mampu menarik perhatian audiens dan mendorong tindakan. Namun, banyak UMKM yang masih kesulitan dalam menemukan ide kreatif dan menyusun pesan pemasaran yang efektif. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilakukan pelatihan copywriting berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan literasi digital UMKM yang bernaung di bawah Yayasan Genggam Tangan Indonesia di Kota Bekasi. Pelatihan ini berfokus pada pengembangan keterampilan penulisan pesan pemasaran yang menarik, efektif, dan sesuai dengan target audiens menggunakan tools AI seperti ChatGPT. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam menyusun konten pemasaran yang kreatif dan lebih efektif dalam menarik perhatian konsumen. Dengan demikian, pelatihan ini berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kapasitas digital UMKM di era ekonomi digital.
Downloads
References
Mandira, I. M. C., & Jaya Kusuma, P. S. A. (2022). Strategi Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan. Management and Accounting Expose, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.633
Masriah, I., Hotimah, E., Dede, N. I., & ... (2024). Tantangan Dan Solusi Bisnis UMKM Di Era Digital. JPPI: Jurnal …, 01(01), 12–20. https://jurnal.stebisypii.com/index.php/jppi/article/view/13
Mulya, U. T. (2025). JURNAL PENGABDIAN DOSEN. I(2).
Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. 2(2), 46–57.
R, M., Fahdillah, Y., Kadar, M., Hassandi, I., & R, M. (2024). Implementasi Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan Sebagai Inovasi Untuk UMKM pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 3(1), 266–273. https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1552
Rahayu, N., Agus Supriyono, I., & Mulyawan, E. (2022). Pembangunan Ekonomi Indonesia Dengan Tantangan Transformasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(1), 92–95. https://doi.org/10.34306/abdi.v4i1.823
Rahmat Ilyas dan Rudi Hartono. (2021). Digitalisasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi. In Siddiq Press: IAIN SAS BaBel.
Saputra, E., Dinata, S. I., Sari, M. N., Hadi, M., Putri, A., Wilanda, M. N., Hajar, S., Safira, N. E., & Permata, D. A. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Program KPM STAIN Meulaboh di Gampong Blang Baro Nagan Raya. Zona: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 97–110.
Usman, R., Wiratmani, E., & ... (2023). Pkm Edukasi Konsep Pemasaran Produk Kepada Pengurus Yayasan Bina Mujtama’. Jurnal Abdimas Bina …, 4(1), 565–572. https://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/425%0Ahttps://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/download/425/250
Victoriia, P. (2020). Psychology the Psychological Role of Ethnic Identity. 3(March), 31–34. https://doi.org/10.31435/rsglobal
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Widi astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.