Literasi Digital MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL UMKM DENGAN PELATIHAN COPYWRITING SEBAGAI SOLUSI PEMASARAN KREATIF

Indonesia

Authors

  • Widi astuti Universitas Nusa Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.872

Keywords:

Literasi Digital, UMKM, Copywriting, AI, Pemasaran Digital

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang besar bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk memperluas pasar dan meningkatkan daya saing melalui pemasaran digital. Salah satu keterampilan yang penting dalam pemasaran digital adalah copywriting, yaitu teknik menulis pesan pemasaran yang mampu menarik perhatian audiens dan mendorong tindakan. Namun, banyak UMKM yang masih kesulitan dalam menemukan ide kreatif dan menyusun pesan pemasaran yang efektif. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, dilakukan pelatihan copywriting berbasis teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan literasi digital UMKM yang bernaung di bawah Yayasan Genggam Tangan Indonesia di Kota Bekasi. Pelatihan ini berfokus pada pengembangan keterampilan penulisan pesan pemasaran yang menarik, efektif, dan sesuai dengan target audiens menggunakan tools AI seperti ChatGPT. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman peserta dalam menyusun konten pemasaran yang kreatif dan lebih efektif dalam menarik perhatian konsumen. Dengan demikian, pelatihan ini berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kapasitas digital UMKM di era ekonomi digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mandira, I. M. C., & Jaya Kusuma, P. S. A. (2022). Strategi Digitalisasi Ekonomi Kerakyatan. Management and Accounting Expose, 5(1), 11–22. https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.633

Masriah, I., Hotimah, E., Dede, N. I., & ... (2024). Tantangan Dan Solusi Bisnis UMKM Di Era Digital. JPPI: Jurnal …, 01(01), 12–20. https://jurnal.stebisypii.com/index.php/jppi/article/view/13

Mulya, U. T. (2025). JURNAL PENGABDIAN DOSEN. I(2).

Qorib, F. (2024). Tantangan dan Peluang Kolaborasi antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat dalam Program Pengabdian di Indonesia. 2(2), 46–57.

R, M., Fahdillah, Y., Kadar, M., Hassandi, I., & R, M. (2024). Implementasi Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan Sebagai Inovasi Untuk UMKM pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 3(1), 266–273. https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1552

Rahayu, N., Agus Supriyono, I., & Mulyawan, E. (2022). Pembangunan Ekonomi Indonesia Dengan Tantangan Transformasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 4(1), 92–95. https://doi.org/10.34306/abdi.v4i1.823

Rahmat Ilyas dan Rudi Hartono. (2021). Digitalisasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi. In Siddiq Press: IAIN SAS BaBel.

Saputra, E., Dinata, S. I., Sari, M. N., Hadi, M., Putri, A., Wilanda, M. N., Hajar, S., Safira, N. E., & Permata, D. A. (2024). Pengabdian Masyarakat Melalui Program KPM STAIN Meulaboh di Gampong Blang Baro Nagan Raya. Zona: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 97–110.

Usman, R., Wiratmani, E., & ... (2023). Pkm Edukasi Konsep Pemasaran Produk Kepada Pengurus Yayasan Bina Mujtama’. Jurnal Abdimas Bina …, 4(1), 565–572. https://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/425%0Ahttps://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/download/425/250

Victoriia, P. (2020). Psychology the Psychological Role of Ethnic Identity. 3(March), 31–34. https://doi.org/10.31435/rsglobal

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-20

How to Cite

astuti, W. (2025). Literasi Digital MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL UMKM DENGAN PELATIHAN COPYWRITING SEBAGAI SOLUSI PEMASARAN KREATIF: Indonesia. SENTRA ABDIMAS: Sinergi Dan Transformasi Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 108–118. https://doi.org/10.33020/sentraabdimas.v1i1.872