Perancangan E-Pedoman Kegiatan Kemahasiswaan Berbasis Mobile

Authors

  • Jihan Neli Ariani STMIK Palangkaraya, Palangka Raya
  • Ferdiyani Haris STMIK Palangkaraya, Palangka Raya
  • Rommi Kaestria STMIK Palangkaraya, Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i1.355

Keywords:

Android, E-Pedoman Kemahasiswaan, Perancangan

Abstract

Buku pedoman kegiatan kemahasiswaan selalu direvisi setiap tahun ajaran baru, untuk mencetak buku ini pihak institusi memerlukan dana tersendiri dalam proses pencetakan buku tersebut, disamping itu juga buku pedoman dalam bentuk fisik tidak dapat bertahan lama dibandingkan dengan buku digital bisa saja buku hilang/rusak. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Pada tahap ini penulis menggunakan metode perancangan sistem dengan model Prototype sebagai kerangka kerja penelitian. Terkait hasil temuan yang didapatkan oleh penulis, maka penulis mengambil pemikiran atau solusi yaitu dengan merancang E- pedoman kegiatan kemahasiswaan yang dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan. Secara keseluruhan rancangan yang penulis rancang tersebut dapat meminimalisir permasalahan yang terjadi pada sistem yang sedang berjalan. Berdasarkan hasil dari perhitungan kuesioner menggunakan metode Skala Likert, dengan 10 pernyataan yang diajukan kepada 20 responden dapat disimpulkan bahwa perancangan E-pedoman Kegiatan Kemahasiswaan Berbasis Android sudah layak memperoleh nilai interpretasi 91,2% dapat disimpulkan bahwa perancangan ini dapat diterima oleh responden.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hanum Harahap, S. (2018). ANALISIS PEMBELAJARAN SISTEM AKUNTANSI MENGGUNAKAN DRAW. IO SEBAGAI PERANCANGAN DIAGRAM ALIR.

Hayati, W. (2018). APLIKASI PEMESANAN RENTAL MOBIL PADA CV ALHIKMAH PALEMBANG BERBASIS ANDROID (Doctoral dissertation, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA).

Kartikasari, A. D. (2014). Pembuatan Aplikasi Informasi Tagihan Listrik Berbasis Android. Skripsi, Fakultas Ilmu Komputer.

Lubis, D. S. PERANCANGAN APLIKASI PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN BUKU PADA PERPUSTAKAAN POLITEKNIK UNGGUL LP3M BERBASIS DESKTOP.

Mulyadi, S., & Bernadisman, D. (2021). BUKU PANDUAN AKADEMIK STMIK MUHAMMADIYAH JAKARTA BERBASIS ANDROID. Jurnal Visualika, 7(1), 102-112.

Muhyidin, M. A., Sulhan, M. A., & Sevtiana, A. (2020). Perancangan Ui/Ux Aplikasi My Cic Layanan Informasi Akademik Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Digit, 10(2), 208-219.

Rizarizki, J. M., Khairinal, K., & Syuhada, S. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI DI MAN 1 KERINCI. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 2(2), 967-978.

Ramli, F. R., Hakim, F., & Hutabarat, R. A. (2021). Perancangan Web Design Aplikasi E- Learning dengan Metode Prototype pada Tingkat SMA. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 13-18.

Rasmawan, R., & Erlina, E. (2021). Pengembangan aplikasi e-book elektrokimia berbasis android untuk menumbuhkan self-directed learning mahasiswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(3), 346-362.

Sari, R. P., & Istikoma, I. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Rapat Online FMIPA UNTAN menggunakan UML. Prosiding SISFOTEK, 2(1), 154-165.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2023-01-27

How to Cite

Ariani, J. N., Haris, F., & Kaestria, R. (2023). Perancangan E-Pedoman Kegiatan Kemahasiswaan Berbasis Mobile. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v1i1.355

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)