Usability Testing pada Aplikasi iJateng Menggunakan Metode System Usability Scale
DOI:
https://doi.org/10.33020/jsimtek.v2i1.556Keywords:
Pengujian Kegunaan, Skala Kegunaan Sistem, Aplikasi iJateng, Perpustakaan Digital, Pengalaman PenggunaAbstract
Perpustakaan konvensional di Indonesia menghadapi tantangan dalam pemanfaatannya, mendorong munculnya perpustakaan digital seperti iJateng oleh Pemerintah Jawa Tengah. Studi ini, menggunakan System Usability Scale (SUS), mengevaluasi kegunaan iJateng berdasarkan elemen-elemen kunci: Kemampuan Pembelajaran, Efisiensi, Kemudahan di Ingatan, Kesalahan, dan Kepuasan. Penelitian melibatkan 100 pengguna aktif, dengan menggunakan metode skoring SUS yang widely accepted. Hasil, yang dikumpulkan dari 20 Oktober hingga 9 Desember 2023, menunjukkan skor SUS sebesar 64,725. Meskipun umpan balik positif tercatat untuk fitur (63%) dan persepsi ketiadaan hambatan (58%), iJateng dikategorikan sebagai pasif dalam Net Promoter Score (NPS), marginal dalam hal penerimaan, OK dalam penilaian kata sifat, dan C dalam Grade scale. Studi ini merekomendasikan peningkatan yang berfokus pada pengguna untuk meningkatkan kegunaan.
Downloads
References
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. In Journal of Usability Studies (Vol. 4).
Brooke, J. (1996). SUS-A quick and dirty usability scale.
Danuri, M. (2019). PERKEMBANGAN DAN TRANSFORMASI TEKNOLOGI DIGITAL. INFOKAM.
Dewi, A. O. P. (2019). Penggunaan Mobile Library untuk Perpustakaan Digital. ANUVA, 3(2), 151–155.
Fatmawati, E. (2017). PEMANFAATAN APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL iJATENG MELALUI SMARTPHONE. PROFETIK Jurnal Komunikasi, 10(02).
Hafni Sahir, S. (2021). Metodologi Penelitian (T. Koryati, Ed.; Vol. 1). Penerbit KBM Indonesia. www.penerbitbukumurah.com.
Larasati, I. (2020). EVALUASI PENGGUNAAN WEBSITE UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN METODE USABILITY TESTING. Computatio: Journal of Computer Science and Information Systems, 4(1), 68–77. www.dictio.id
Miftah, Z., & Sari, I. P. (2020). ANALISIS SISTEM PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN METODE SUS. Research and Development Journal of Education, 1(1), 40. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7076
Nugroho, K. T., Julianto, B., & Nur MS, D. F. (2022). Usability Testing pada Sistem Informasi Manajemen AKN Pacitan Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 11(1), 74. https://doi.org/10.23887/janapati.v11i1.43209
Ramadhan, D. W., Soedijono, B., & Pramono, E. (2019). PENGUJIAN USABILITY WEBSITE TIME EXCELINDO MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE (SUS) (STUDI KASUS: WEBSITE TIME EXCELINDO). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 04. https://excelindo.co.id
Saleh, A. R. (2014). Pengembangan Perpustakaan Digital (2nd ed.). PENERBIT RUMAH Q-TA PRODUCTION.
Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale (SUS) Method). JTIM?: Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3).
Tejada, J. J., Raymond, J., & Punzalan, B. (2012). On the Misuse of Slovin’s Formula. The Philippine Statistician, 61.
Widayanti, Y. (2015). PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL. LIBRARIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Rafid Pratama, Jauharul Umam, Rohmaneeyah Yakok

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA).