Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Chatbot Layanan Pelanggan

Authors

  • Kholisatunnisa Universitas Negeri Islam K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.33020/jsimtek.v2i2.689

Keywords:

kecerdasan buatan, chatbot, layanan pelanggan

Abstract

Dalam era digital saat ini, layanan pelanggan yang efektif dan efisien menjadi kunci kesuksesan bisnis. Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) dalam layanan pelanggan telah berkembang pesat, terutama dalam bentuk chatbot. Artikel ini mengkaji peran AI dalam pengembangan chatbot layanan pelanggan dengan menggunkan metode kajian literatur. Analisis ini mencakup manfaat, tantangan, serta dampak terhadap efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Hasil kajian menunjukkan bahwa chatbot berbasis AI mampu meningkatkan efisiensi layanan dan mengurangi biaya operasional, mesikipun masih terdapat tantangan dalam pemahaman bahasa alami dan keamanan data

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, E. L., & Wibowo, D. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137-142. https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410

Arif Pria Alfatoni, M., Maryam, S., (2020). Implementasi Chatbot Untuk Pemesanan Produk yang Terintegrasi Web Pada Kedai Ibaraki , Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Goldberg, D. E., Holland, J. H. (1988) Genetic Algorithms and Machine Learning. Machine Learning 3(2), 95–99. https://doi.org/10.1023/A:1022602019183

Gultom, D. K., Arif, M., Muhammad Fahmi., (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282.

Mitchell, T. M,. (1997). Machine learning. In McGraw Hill Series in Computer Science.

Patel, R., 2021. AI Chatbot Development Challenges & Its Future. Website: https://chatbotsjournal.com/ai-chatbot-development-challenges-its-future-4614be2f4c4e, diakses tanggal 23 Mei

Shawar., Bayan., Atwell., Eric. (2007). Chatbots: Are they Really Useful?. LDV Forum. 22. 29-49. 10.21248/jlcl.22.2007.88.

Soyusiawaty, D., (2023). Buku Ajar Pemrosesan Bahasa Alami. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Nisa, N. A. A., Suwaidi, R. A. (2023). Analisis Potensi Dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap Efisiensi Manajemen Operasional: Tinjauan Literatur. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 93–97. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijssh/article/view/1577

Titoni, E., Firgana, D., Aditya, B., Pribadi, T. A., & Lianto, R. (2024). Peran chatbot artificial Intelligence dalam membentuk kepuasan pelanggan. Technologia: Jurnal Ilmiah, 15(1), 20-30. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.13220

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-07-31

How to Cite

Kholisatunnisa. (2024). Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Chatbot Layanan Pelanggan . Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 2(2), 92–97. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v2i2.689

Issue

Section

Articles