Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Chatbot Layanan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.33020/jsimtek.v2i2.689Keywords:
kecerdasan buatan, chatbot, layanan pelangganAbstract
Dalam era digital saat ini, layanan pelanggan yang efektif dan efisien menjadi kunci kesuksesan bisnis. Penggunaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI) dalam layanan pelanggan telah berkembang pesat, terutama dalam bentuk chatbot. Artikel ini mengkaji peran AI dalam pengembangan chatbot layanan pelanggan dengan menggunkan metode kajian literatur. Analisis ini mencakup manfaat, tantangan, serta dampak terhadap efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan. Hasil kajian menunjukkan bahwa chatbot berbasis AI mampu meningkatkan efisiensi layanan dan mengurangi biaya operasional, mesikipun masih terdapat tantangan dalam pemahaman bahasa alami dan keamanan data
Downloads
References
Amalia, E. L., & Wibowo, D. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137-142. https://doi.org/10.32815/jitika.v13i2.410
Arif Pria Alfatoni, M., Maryam, S., (2020). Implementasi Chatbot Untuk Pemesanan Produk yang Terintegrasi Web Pada Kedai Ibaraki , Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Goldberg, D. E., Holland, J. H. (1988) Genetic Algorithms and Machine Learning. Machine Learning 3(2), 95–99. https://doi.org/10.1023/A:1022602019183
Gultom, D. K., Arif, M., Muhammad Fahmi., (2020). Determinasi Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepercayaan Dedek. MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(2), 273–282.
Mitchell, T. M,. (1997). Machine learning. In McGraw Hill Series in Computer Science.
Patel, R., 2021. AI Chatbot Development Challenges & Its Future. Website: https://chatbotsjournal.com/ai-chatbot-development-challenges-its-future-4614be2f4c4e, diakses tanggal 23 Mei
Shawar., Bayan., Atwell., Eric. (2007). Chatbots: Are they Really Useful?. LDV Forum. 22. 29-49. 10.21248/jlcl.22.2007.88.
Soyusiawaty, D., (2023). Buku Ajar Pemrosesan Bahasa Alami. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta
Nisa, N. A. A., Suwaidi, R. A. (2023). Analisis Potensi Dampak Artificial Intelligence (AI) terhadap Efisiensi Manajemen Operasional: Tinjauan Literatur. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 93–97. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijssh/article/view/1577
Titoni, E., Firgana, D., Aditya, B., Pribadi, T. A., & Lianto, R. (2024). Peran chatbot artificial Intelligence dalam membentuk kepuasan pelanggan. Technologia: Jurnal Ilmiah, 15(1), 20-30. http://dx.doi.org/10.31602/tji.v15i1.13220
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kholisatunnisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA).

