Penerapan Sistem Informasi dan Pengelolaan Dayah Modern

Authors

  • Jumailatul Rahmi Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Aceh
  • Amalia Ilmi Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i1.775

Keywords:

sistem informasi, pengelolaan dayah

Abstract

Pengelolaan sistem informasi di Dayah sangatlah penting, terutama dalam mendukung kemajuan promosi dan operasional Dayah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengevaluasi penerapan dan pengelolaan sistem informasi di Dayah. Metode yang digunakan adalah studi literatur atau library research, di mana data diperoleh dari berbagai sumber jurnal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kata kunci "Sistem Informasi", kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan mengenai penerapan studi literatur ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sistem informasi di Dayah modern telah memanfaatkan media digital sebagai alat informasi utama. Pelaksanaan manajemen dan monitoring dapat berjalan dengan optimal apabila diterapkan sistem perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi yang terstruktur. Selain itu, pengelolaan administrasi di Dayah mencakup penerimaan santri baru, pengelolaan administrasi keuangan, serta pengaturan upah dan honor guru yang disesuaikan dengan kriteria masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DR HA Rusdiana, M. M. (2021). Sistem informasi manajemen pendidikan: Konsep, prinsip, dan aplikasi. Fitrah Ilhami.

Farhana, H. (2018). Penerapan sistem informasi manajemen pendidikan berbasis edutech dalam meningkatkan pelayanan sekolah kepada pelanggan di MAN 1 Bekasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Handayani, D., Badriah, S., & Erihadiana, M. (2022). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Berbasis ICT di Madrasah Aliyah Baabussalaam Kota Bandung. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(6), 631–641.

Ikhsan, I. (2024). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan di Dayah Nurul Huda Aceh Tengah. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2).

Khairiah, K. (2017). Manajemen Pengelolaan Dayah dan Kaitannya Terhadap Pengembangan Perpustakaan Berdasarkan Standar Nasional Indonesia Perpustakaan di MAS Dayah Darul Ihsan Tgk. H. Hasan Krueng Kalee. LIBRIA, 8(2).

Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 24(1), 109–126.

Saepuloh, U. (2020). Penerapan Manajemen Teknik Informasi Pendidikan Islam Dalam Proses Pembelajaran Di Smk Harapan 1 Rancaekek Bandung. Al-Hasanah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 20–33.

Stoner, J. (1996). AF Dan R. Edward Freeman dan Daniel R. Gilbert. 1996. Manajemen. PT Prenhallindo. Jakarta.

Susyanto, B. (2022). Manajemen lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi era digital. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 692–705.

Tarjuman, T. (n.d.). KONSEP-KONSEP DASAR PENDIDIKAN ISLAM TERPADU. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(1), 29–51.

Thaib, B. (2013). Neoliberalisasi Pendidikan Islami di aceh: Analisis Kritis Terhadap Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1).

Usman, A. S., & Hadi, A. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan Dayah. Intelektualita, 10(02).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-01-24

How to Cite

Rahmi, J. ., & Ilmi, A. (2025). Penerapan Sistem Informasi dan Pengelolaan Dayah Modern. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i1.775

Issue

Section

Articles