Analisis Sistem Helpdesk untuk Optimalisasi Efektivitas Pelayanan Publik di Biro Pengadaan Kalimantan Tengah

Authors

  • Maura Widyaningsih STMIK Palangkaraya, Palangkaraya
  • Anisa Febriyana Putri STMIK Palangkaraya, Palangkaraya
  • Rendi Pebrianto STMIK Palangkaraya, Palangkaraya
  • Nisa Maysena STMIK Palangkaraya, Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i1.785

Keywords:

Sistem helpdesk, Pelayanan Publik, Analisis SWOT, Kepuasan Pengunjung, Biro PBJ

Abstract

Pelayanan publik merupakan kewajiban utama instansi pemerintahan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sesuai dengan peraturan yang berlaku. Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Provinsi Kalimantan Tengah memegang peran penting dalam pengelolaan pengadaan barang/jasa. Namun, tantangan terkait transparansi, kecepatan respons, dan kepuasan masyarakat sering kali menghambat efektivitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana implementasi sistem helpdesk dapat meningkatkan efektivitas pelayanan publik melalui evaluasi tingkat kepuasan pengunjung. Penelitian menggunakan metode analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sistem helpdesk berdasarkan data survei kepuasan. Hasil survei menunjukkan mayoritas responden merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, terutama dalam aspek kecepatan, keramahan staf, dan tidak adanya biaya pelayanan. Namun, ditemukan kelemahan berupa rendahnya partisipasi masyarakat umum dan keterbatasan sosialisasi terkait informasi pelayanan. Penelitian juga mengidentifikasi peluang pengembangan layanan berbasis teknologi serta peningkatan partisipasi publik melalui edukasi dan sosialisasi. Rekomendasi strategis meliputi penguatan sistem informasi, penyampaian transparan terkait persyaratan, serta penyesuaian kebijakan untuk memperluas jangkauan layanan. Dengan mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada serta memanfaatkan peluang, Biro PBJ dapat terus meningkatkan efektivitas dan kualitas pelayanannya untuk memenuhi ekspektasi publik secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, R., 2022. Implementasi dan Tantangan Penggunaan Helpdesk dalam Pelayanan Publik. Jurnal Informatika Publik, 17(4), 201-214.

Harahap, Z., 2021. Implementasi Standar Operasional Prosedur dalam Pelayanan Publik. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 10(1), 45-56.

Iswanto, A. H., & Subiyantoro, S., 2019. Evaluasi Implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) pada Pelayanan Publik di Pemerintah Daerah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 9(2), 113-129.

Kristiawan, M., 2021. Analisis Pelayanan Publik dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(2), 123-136.

Lubis, M., 2021. Efektivitas Sistem Helpdesk dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Manajemen Pelayanan Publik, 15(3), 75-90.

Nugraha, D. 2021. Peran Sistem Helpdesk dalam Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Publik. Jurnal Teknologi Informasi, 14(3), 112-125.

Nurdin, M. 2022. Panduan Penyusunan SOP di Instansi Pemerintah. Gramedia, Jakarta.

Permen PAN dan RB Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Permendagri Nomor 112 Tahun 2018 tentang Pembentukan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah.

Peraturan Kepala LKPP Nomor 14 Tahun 2018 tentang Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa.

Purnomo, H. 2022. Evaluasi Efektivitas Implementasi SOP dan Helpdesk dalam Pelayanan Publik. Jurnal Evaluasi Kinerja, 9(2), 89-102.

Rangkuti, M., 2024. Pengertian analisis SWOT: Metode analisis dan contohnya. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. https://fahum.umsu.ac.id/blog/pengertian-analisis-swot-metode-analisis-dan-contohnya/, diakses tanggal 3 Desember 2024.

Siburian, R., Lukman, S., & Kurniawati, L. 2020. Analisis Penerapan Standar Operasional Pelayanan Publik Pada Kantor Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Ekbank, 3(1).

Sinambela, L. P. 2019. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Bumi Aksara.

Siregar, M., 2023. Analisis Kinerja Pelayanan Publik pada Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu dalam Menangani Pengaduan Masyarakat pada Polres Tapanuli Tengah, Doctoral dissertation, Universitas Medan Area. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/20896

Syukriah, S., Rosdiana, R., Asran, A., & Yusuf, E. (2024). Pendampingan Teknologi Informasi Berkelanjutan Dalam Peningkatan Pengembangan Digitalisasi Dibidang Pelayanan Publik Dan Kearsipan. Jurnal Malikussaleh Mengabdi, 3(1), 121-129. https://doi.org/10.29103/jmm.v3i1.16696

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-01-24

How to Cite

Widyaningsih, M., Putri, A. F., Pebrianto, R., & Maysena, N. (2025). Analisis Sistem Helpdesk untuk Optimalisasi Efektivitas Pelayanan Publik di Biro Pengadaan Kalimantan Tengah. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 3(1), 37–53. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i1.785

Issue

Section

Articles