Implementasi Instrumen MAILS (Meta AI Literacy Scale) Untuk Pengukuran Tingkat Literasi AI Pada Mahasiswa Ilmu Komputer

Authors

  • Dorie P. Kesuma Universitas Multi Data Palembang, Palembang
  • Lisa Amelia Fransen Universitas Multi Data Palembang, Palembang

DOI:

https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i1.811

Keywords:

kecerdasan buatan, literasi, MAILS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi kecerdasan buatan (AI Literacy) di kalangan mahasiswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert 5 poin yang disebarkan kepada 113 mahasiswa. Kuesioner yang digunakan menggunakan referensi dari instrumen MAILS atau Meta AI Literacy Scale yang memiliki 34 item pernyataan yang dibagi menjadi 4 dimensi pengukuran, yaitu AI Literacy (AIL), Create AI (CAI), AI Self-Efficacy (AISE), dan AI Self-Competency (AISC). Dari hasil pengukuran yang dilakukan menunjukkan jika sebagian besar responden memiliki tingkat literasi AI yang cukup baik, khususnya pada dimensi AIL, AISE, dan AISC yang mencerminkan bahwa pada responden telah memiliki tingkat pemahaman konseptual dan kepercayaan diri dalam menggunakan teknologi AI. Namun, untuk dimensi CAI yang berfokus pada kemampuan teknis, hasil pengukuran menunjukkan nilai yang rendah dibandingkan ketiga dimensi lainnya yang mengindikasikan bahwa para responden memiliki kelemahan yang cukup siginifikan dalam hal kemampuan teknis yang berkaitan dengan pengembangan AI. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa memiliki kemampuan konseptual yang baik terkait teknologi AI, namun di lain sisi, mereka belum memiliki kemampuan teknis yang cukup memadai jika dikaitkan dengan kemampuan teknis di bidang AI. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi bagi perguruan tinggi untuk membuat kebijakan-kebijakan tertentu yang dapat meningkatkan dan memperdalam kemampuan teknis dari para mahasiswa di bidang teknologi AI dengan tetap memperkuat kemampuan konseptual di bidang AI yang sudah mereka miliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agusnaya, N., & Nirmala, P. (2024). Skala Literasi AI terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa dalam Konteks Pendidikan Level Perguruan Tinggi diEraDigital. Journal of Vocational, Informatics and Computer Education, 2(2), 103–116.

Apriadi, R. T., & Sihotang, H. (2023). Transformasi Mendalam Pendidikan Melalui Kecerdasan Buatan: Dampak Positif bagi Siswa dalam Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31742–31748.

Carolus, A., Koch, M. J., Straka, S., Latoschik, M. E., & Wienrich, C. (2023). MAILS - Meta AI literacy scale: Development and testing of an AI literacy questionnaire based on well-founded competency models and psychological change- and meta-competencies. Computers in Human Behavior: Artificial Humans, 1(2), 100014. https://doi.org/10.1016/j.chbah.2023.100014

Haris, H., Muhammad Ridha Darwis, Arsyanda, M. Rahmat Wahyudi JY, & M. Ilham. (2024). Analisis Dampak Literasi Artificial Intelligence terhadap Perubahan Norma Dan Etika Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Terapan, 66–77. https://doi.org/10.61255/jupiter.v2i1.200

Huang, M.-H., & Rust, R. T. (2021). A strategic framework for artificial intelligence in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 49(1), 30–50. https://doi.org/10.1007/s11747-020-00749-9

Koch, M. J., Carolus, A., Wienrich, C., & Latoschik, M. E. (2024). Meta AI literacy scale: Further validation and development of a short version. Heliyon, 10(21), e39686. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e39686

Muttaqin, Arafah, M., Jaya, A. K., Suryawan, M. A., Gustiana, Z., Banjarnahor, A. R., Bukidz, D. P., Hazriani, Simanjuntak, M., Saputra, N., & Fajrillah. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) dalam Kehidupan . Yayasan Kita Menulis.

Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49–55.

Ng, D. T. K., Leung, J. K. L., Chu, S. K. W., & Qiao, M. S. (2021). Conceptualizing AI literacy: An exploratory review. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2, 100041. https://doi.org/10.1016/j.caeai.2021.100041

Rotolo, D., Hicks, D., & Martin, B. R. (2015). What is an emerging technology? Research Policy, 44(10), 1827–1843. https://doi.org/10.1016/j.respol.2015.06.006

Taraya, P. C., & Wibawa, A. (2022). Mewujudkan Society 5.0 Melalui Pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 2(8).

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-01-24

How to Cite

P. Kesuma, D., & Amelia Fransen, L. (2025). Implementasi Instrumen MAILS (Meta AI Literacy Scale) Untuk Pengukuran Tingkat Literasi AI Pada Mahasiswa Ilmu Komputer. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 3(1), 25–36. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i1.811

Issue

Section

Articles