Analisis Literasi Lingkungan pada Mahasiswa Pendidikan Biologi, UIN Walisongo Semarang
DOI:
https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i2.844Keywords:
literasi lingkungan, Pendidikan biologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat literasi lingkungan mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2020 di UIN Walisongo Semarang yang mengambil mata kuliah peminatan ilmu lingkungan. Sebanyak 30 mahasiswa menjadi sampel penelitian ini. Metode deskriptif dengan teknik survei digunakan, mengumpulkan data melalui angket dan soal tes pilihan ganda. Instrumen ini mengukur empat indikator literasi lingkungan: pengetahuan lingkungan, keterampilan kognitif, sikap peduli lingkungan, dan perilaku pro-lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi lingkungan mahasiswa berada pada kategori sedang untuk pengetahuan lingkungan (78,3%), keterampilan kognitif (63,3%), dan perilaku pro-lingkungan (65,6%). Sementara itu, sikap peduli lingkungan menunjukkan kategori tinggi dengan persentase 81%. Sub-indikator dengan persentase tertinggi meliputi pengetahuan tentang pemecahan masalah lingkungan, kemampuan merencanakan tindakan penyelidikan isu lingkungan, sikap apresiasi terhadap lingkungan, dan konservasi sumber daya alam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah literasi lingkungan mahasiswa Pendidikan Biologi UIN Walisongo Semarang secara umum berada pada kategori sedang hingga tinggi, dengan kekuatan pada aspek sikap peduli lingkungan.
Downloads
References
Al-Dajeh, H. (2012). Assessing environmental literacy of pre-vocational education teachers in Jordan. College Student Journal, 46(3), 492-507.
Aminrad, Z., Zakariya, S., Hadi, A. S., & Sakari, M. (2013). Relationship between awareness, knowledge and attitudes towards environmental education among secondary school students in Malaysia. World Applied Sciences Journal, 22(9), 1326-1333.
Azwar, S. (2015). Sikap Manusia dan Teori Penerapannya.: Pustaka Pelajar.
Bechtel, R. B. (2010). Environmental psychology. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1-3.
Chen, L. (2013). A study of green purchase intention comparing with collectivistic (Chinese) and individualistic (American) consumers in Shanghai, China. Information Management and Business Review, 5(7), 342-346. DOI: https://DOI.org/10.22610/imbr.v5i7.1061
Cresswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed: Pustaka Pelajar.
Diktat perkuliahan, tidak diterbitkan. Diakses pada tanggal, 14. DOI: https://DOI.org/10.15666/aeer/1601_051062
Doerschuk, P., Bahrim, C., Daniel, J., Kruger, J., Mann, J., & Martin, C. (2016). Closing the gaps and filling the STEM pipeline: A multidisciplinary approach. Journal of Science Education and Technology, 25(4), 682-695. DOI: https://DOI.org/10.1007/s10956-016-9622-8
Rdogan, M., Kostova, Z., & Marcinkowski, T. (2009). Components of environmental literacy in elementary science education curriculum in Bulgaria and Turkey. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 5(1), 15-
Espinet, M., & Llerena, G. (2014). School agroecology as a motor for community and land transformation: a case study on the collaboration among community actors to promote education for sustainability school networks. Strand 9 Environmental, health and outdoor science education, 244.
Farwati, R., Permanasari, A., Friman, H., & Suhery, T. (2017). Potret literasi lingkungan mahasiswa calon guru kimia di Universitas Sriwijaya. Journal of Science Education And Practice, 1(1), 1-8.
Febriasari, L., & Supriatna, N. (2017). Enhance environmental literacy through problem based learning. Paper presented at the Journal of Physics: Conference Series.
Frank, D. J., & Meyer, J. W. (2007). University expansion and the knowledge society. Theory and society, 36(4), 287-311. DOI: https://DOI.org/10.1007/s11186-007- 9035-z
Hollweg, K. S., Taylor, J. R., Bybee, R. W., Marcinkowski, T. J., McBeth, W. C., & Zoido, P. (2011). Developing a framework for assessing environmental literacy. Washington, DC: North American Association for Environmental Education
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2018). Learning environment: gender profile of students’ pro-environmental behavior (PEB) based on green consumerism. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 97-107. DOI: https://DOI.org/10.24042/tadris.v3i2.3358
Igbokwe, A. B. (2012). Environmental literacy assessment: Exploring the potential for the assessment of environmental education/programs in Ontario schools. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education, 3(1), 648- 656.
Johnson, T. R. (2016). Regulatory dynamism of environmental mobilization in urban C hina. Regulation & Governance, 10(1), 14-28. DOI: https://DOI.org/10.1111/rego.12068
Joseph, C., Nichol, E. O., Janggu, T., & Madi, N. (2013). Environmental literacy and attitudes among Malaysian business educators. International Journal of Sustainability in Higher Education.
Karimzadegan, H., & Meiboudia, H. (2012). Exploration of environmental literacy in science education curriculum in primary schools in Iran. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 404-409.
Knapp, C. E. (2001). A Blueprint for Environmental Education. The Journal of Environmental Education, 32(4), 51.
Kresnawati, N. (2014). Korelasi Kualitas Pembelajaran Geografi dan Hasil Belajar terhadap Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Humaniora, 1(3), 298-303. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4139
Kurniawan, E. (2021). Environmental Knowledge, Environmental Value, And Environmental Behavior Of Santri At Pesantren. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT), 12(8), 235-247.
Lee, K. (2010). The green purchase behavior of Hong Kong young consumers: The role of peer influence, local environmental involvement, and concrete environmental knowledge. Journal of international consumer marketing, 23(1), 21-44.
Maryani, E. (2020). Pengembangan keterampilan sosial melalui pembelajaran geografi.
Maulidya, F., Mudzakir, A., & Sanjaya, Y. (2014). Case study the environmental literacy of fast learner middle school students in Indonesia. International Journal of Science and Research, 3(1), 193-197.
McBride, B. B., Brewer, C., Berkowitz, A., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here? Ecosphere, 4(5), 1-20. DOI: https://DOI.org/10.1890/ES13-00075.1
Mullenbach, L. E., & Green, G. T. (2018). Can environmental education increase student-athletes’ environmental behaviors? Environmental Education Research, 24(3), 427-444. DOI: https://DOI.org/10.1080/13504622.2016.1241218
Munthe, B. (2014). Desain Pembelajara: Pustaka Insan Madani.
Norley, K., Icbay, M. A., & Arslan, H. (2016). esearch on the Environmental Knowledge and Environmental Awareness of Preschool Teachers. Contemporary Approaches in Education, 3(1), 69-79.
Oest, S. J. (2011). Home literacy environment: How does parent involvement effect literacy development.
Ozgurler, S., & Cansaran, A. (2014). Graduate students, study of environmental literacy and sustainable development. International Electronic Journal of Environmental Education, 4(2), 71-83.
Özsoy, S., Ertepinar, H., & Sa?lam, N. (2012). Can eco-schools improve elementary school students' environmental literacy levels?
Primasari, D. W., Ernawati, J., & Wicaksono, A. D. (2013). Pemilihan moda transportasi ke kampus oleh mahasiswa Universitas Brawijaya. The Indonesian Green Technology Journal, 2(2), 84-93.
Rini, A. S., Sukaatmadja, I. P. G., & Giantari, I. (2017). Pengaruh pengetahuan lingkungan dan kepedulian lingkungan terhadap sikap dan niat beli produk hijau “The Body Shop” di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 6(1), 137-166.
Rosa, F. O. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Omega: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24-28.
Ruhimat, M. (2013). Penanaman Kemampuan Berpikir Geografis Melalui Pendidikan. Saribas, D. (2015). Investigating the Relationship between Pre-Service Teachers'
Schiffman, L., & Leslie, L. K. (2008). Perilaku Konsumen: PT INDEKS.
Scholz, R. W., & Binder, C. R. (2011). Environmental literacy in science and society: from knowledge to decisions. DOI: https://DOI.org/10.1017/CBO9780511921520
Science Education International, 26(1), 80-100. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=EJ1056471
Scientific Literacy, Environmental Literacy and Life-Long Learning Tendency.
Shamuganathan, S., & Karpudewan, M. (2015). Modeling Environmental Literacy of Malaysian Pre-University Students. International Journal of Environmental and Science Education, 10(5), 757-771. DOI: https://DOI.org/10.12973/ijese.2015.264a
Simarmata, B., Daulae, A. H., & Raihana, R. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(4). DOI: ps://DOI.org/10.24114/jpp.v6i4.10584
Sirait, N. F. (2012). Hubungan tingkat pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis terhadap perilaku mencintai lingkungan siswa SMA Negeri se-Kota Medan tahun 2012. UNIMED,
Sugandi, D. (2015). Pembelajaran Geografi sebagai Salah Satu Dasar Pembentukan Karakter Bangsa. SOSIOHUMANIKA, 8(2).
Swanepoel, C., Loubser, C., & Chacko, C. (2002). Measuring the environmental literacy of teachers. South African Journal of Education, 22(4), 286-292.
Wibowo, I. (2004). Pola perilaku kebersihan: Studi psikologi lingkungan tentang penanggulangan sampah perkotaan.
Zheng, Q., Xu, A., Kong, D., Deng, H., & Lin, Q. (2018). Correlation between the environmental knowledge, environmental attitude, and behavioral intention of tourists for ecotourism in China. Applied Ecology and Environmental Research, 16(1), 51-62.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jamallaili Safitri, Maulana Yusuf Ibrahim, Erna Wijayanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA).

