Analisis Pengalaman Pengguna terhadap Platform Konferensi Video untuk Mendukung Perkuliahan: Studi Evaluasi Menggunakan UEQ+
DOI:
https://doi.org/10.33020/jsimtek.v3i2.943Keywords:
pengalaman pengguna, aplikasi video konferensi, UEQAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengalaman pengguna (User Experience/UX) terhadap platform konferensi video (Google Meet, Zoom Meeting, dan Microsoft Teams) dalam mendukung aktivitas perkuliahan. Studi evaluasi ini menggunakan metode User Experience Questionnaire Plus (UEQ+) yang mencakup enam dimensi utama, yaitu: Attractiveness, Efficiency, Intuitive Use, Visual Aesthetic, Quality of Content, dan Trust. Data dikumpulkan dari 80 partisipan yang merupakan mahasiswa pengguna berbagai platform konferensi video yang umum digunakan dalam konteks perkuliahan. Hasil penelitian menunjukkan respons positif terhadap ketiga aplikasi tersebut, yang ditunjukkan oleh nilai rata-rata keseluruhan pada setiap skala yang melebihi 0,8. Selain itu, variasi data pada seluruh skala juga tercatat berada pada tingkat yang sangat baik dan dapat diterima. Hasil pengukuran menunjukkan reliabilitas yang tinggi di semua skala. Aplikasi Zoom Meeting dinilai lebih unggul dibandingkan Google Meet dan Microsoft Teams dalam seluruh kriteria, kecuali pada dimensi Trust yang didominasi oleh Google Meet.
Downloads
References
Angela, A., Halim, F., & Sylvia, C. (2022). Pengukuran Pengalaman Pengguna Aplikasi Platform Pembelajaran dan Konferensi Video Menggunakan Framework UEQ+. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6(2), 1238. https://doi.org/10.30865/mib.v6i2.3878
Ariyanto, A. S. S., Triwibowo, D. N., Sumantri, R. B. B., & Haryono, R. C. S. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Spss Untuk Menunjang Tugas Akhir Mahasiswa. 3(2), 195–199.
Chiang, F. K., Zhu, D., & Yu, W. (2022). A systematic review of academic dishonesty in online learning environments. Journal of Computer Assisted Learning, 38(4), 907–928. https://doi.org/10.1111/jcal.12656
Christanto, H. J., Sutresno, S. A., Denny, A., & Dewi, C. (2023). Usability Analysis of Human Computer Interaction in Google Classroom and Microsoft Teams. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 101(16), 6425–6436.
Díaz-Oreiro, I., López, G., Quesada, L., & Guerrero, L. (2019). Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review. October 2018, 14. https://doi.org/10.3390/proceedings2019031014
Gunawan, G., Kristiawan, M., Risdianto, E., & Monicha, R. E. (2021). Application of the Zoom Meeting Application in Online Learning During the Pandemic. Education Quarterly Reviews, 4(2), 26–32. https://doi.org/10.31014/aior.1993.04.02.193
Hassenzahl, M., Diefenbach, S., & Göritz, A. (2010). Needs, affect, and interactive products - Facets of user experience. Interacting with Computers, 22(5), 353–362. https://doi.org/10.1016/j.intcom.2010.04.002
Martin Schrepp, & Jörg Thomaschewski. (2023). UEQ+?: Handbook for the modular extension of the User Experience Questionnaire. 1–23.
Müller, C., & Mildenberger, T. (2021). Facilitating flexible learning by replacing classroom time with an online learning environment: A systematic review of blended learning in higher education. Educational Research Review, 34(June), 100394. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100394
Pal, D., & Vanijja, V. (2020). Perceived usability evaluation of Microsoft Teams as an online learning platform during COVID-19 using system usability scale and technology acceptance model in India. Children and Youth Services Review 119, 119(January).
Rodrigues, M. E. M., Moura, K. H. S., Branco, K. C., Lelli, V., Viana, W., Andrade, R. M. C., & Santos, I. S. (2023). Exploring User Experience and Usability of mHealth applications for people with diabetes: An Evaluation Study Using UEQ and HE4EH Checklist. Journal on Interactive Systems, 14(1), 562–575. https://doi.org/10.5753/jis.2023.3226
Rogers, K. B., & Smith-Lovin, L. (2019). Action, interaction, and groups. The Wiley Blackwell Companion to Sociology, 67–86.
Roy, S., Bose, A., Majumder, S., Roy Chowdhury, I., Abdo, H. G., Almohamad, H., & Abdullah Al Dughairi, A. (2022). Evaluating urban environment quality (UEQ) for Class-I Indian city: an integrated RS-GIS based exploratory spatial analysis. Geocarto International, 0(0). https://doi.org/10.1080/10106049.2022.2153932
Saleh, A. M., Abuaddous, H. Y., Alansari, I. S., & Enaizan, O. (2022). The Evaluation of User Experience of Learning Management Systems Using UEQ. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 17(7), 145–162. https://doi.org/10.3991/ijet.v17i07.29525
Schrepp, M., Hinderks, A., & Thomaschewski, J. (2017). Design and Evaluation of a Short Version of the User Experience Questionnaire (UEQ-S). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, 4(6), 103. https://doi.org/10.9781/ijimai.2017.09.001
Zulherman, Nuryana, Z., Pangarso, A., & Zain, F. M. (2021). Factor of zoom cloud meetings: Technology adoption in the pandemic of COVID-19. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3), 816–825. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i3.21726
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Arif Setia Sandi Ariyanto, Deny Nugroho Triwibowo, Indah Trivilia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- BerbagiSerupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi;
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC BY-SA).
Most read articles by the same author(s)
- Agus Susilo Nugroho, Arif Setia Sandi Ariyanto, Implementasi Metode User-Centered Design Dalam Perancangan UI/UX Aplikasi Voting Kepengurusan Muhammadiyah Cabang Paguyangan , Jurnal Sistem Informasi, Manajemen dan Teknologi Informasi: Vol. 2 No. 1 (2024): Januari

