Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis web pada Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Kota Palangka Raya

Authors

  • Ahmad Irgi Prayoga STMIK Palangkaraya
  • Dwi Utzon STMIK Palangkaraya
  • Sherly Jayanti STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33020/jsimtek.v2i1.519

Keywords:

Aplikasi, Surat Masuk, Surat Keluar, Web/Website

abstract

Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Palangka Raya yang beralamat di Jl. Tjilik Riwut No. 98 Bukit Tunggal, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Dalam pengelolaan surat masuk dan surat keluar masih menggunakan cara manual dan belum terkomputerisasi. Oleh karena itu, pengarsipan surat masuk dan surat keluar untuk dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer melalui sistem aplikasi yang berfungsi untuk melakukan pengarsipan surat masuk dan surat keluar secara efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SDLC. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan Kepustakaan. Desain proses menggunakan Unifield Modeling Language (UML), perancangan antar muka (Interface) menggunakan Figma serta aplikasi pengolahan kode program menggunakan Sublime Text 3, menggunakan bahasa pemrograman PHP, framework CodeIgniter dan menggunakan MySql sebagai pengolahan database sistem. Hasil akhir dari penelitian ini yaitu berupa Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Palangka Raya, berdasarkan uji coba blackbox testing menunjukan bahwa aplikasi sudah berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan pengguna serta dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web Pada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Palangka Raya sudah layak digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, F. (2020). Sistem Informasi Administrasi Surat Masuk dan Surat Keluar pada Dinas Pendidikan Kota Medan. Remik : Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, IV, 267-275.

Arijal, B. P., Darmansah, D., & Sena, W. (2022). Sistem Informasi Pencatatan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), III, 273-282.

Erizka, Y. P., Elis, H., & Dahliar, A. (2019). Aplikasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web Di Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat. eProceedings of Applied Science, V, 1064-1083.

Rahayu Amalia, N. H. (2020). Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Pada Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kabupaten Musi Banyuasin. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, IV, 363-368.

Riswandi Ishak, S. F. (2020). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. JIST: Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, I, 198-209.

Sintia, M., Lisda, W., & Siti, E. (2019). Sistem Informasi Manajemen Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar (Studi Kasus : Ma Darul Ihya Bogor). Jurnal Media Informatika Budidarma, III, 225-231.

Wina Witanti, S. Y. (2020). Sistem Informasi Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis web di Kecamatan Batujajar. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, IV, 138-142.

Zulaifa, R., Ilham, D., & Junaidi, S. (2019). SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATA SURAT BERBASIS WEB PADA KANTOR DINAS PERTANIAN KOTA TERNATE. IJIS-Indonesia Journal On Information System, IV, 41-49.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2024-01-31

How to Cite

Irgi Prayoga, A., Utzon, D., & Jayanti, S. (2024). Aplikasi Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis web pada Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Kota Palangka Raya. Jurnal Sistem Informasi, Manajemen Dan Teknologi Informasi, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.33020/jsimtek.v2i1.519

Terbitan

Bagian

Articles