GDSS MULTI KRITERIA PENENTUAN STRATEGI MARKETING TERBAIK PERGURUAN TINGGI

Authors

  • Sumiyatun Sumiyatun STMIK AKAKOM

DOI:

https://doi.org/10.33020/saintekom.v9i1.73

Keywords:

GDSS, strategi marketing, perguruan tinggi, MADM, AHP, TOPSIS

Abstract

Dunia  pendidikan  telah  mengalami  evolusi  secara  kontinyu.  Salah  satu faktor  pemicunya  adalah  kompetisi  antar  perguruan  tinggi  yang  semakin  ketat. Oleh karena itu pemasaran menjadi unsur yang strategis dalam menjaga eksistensi perguruan  tinggi. Dalam membuat keputusan pemilihan strategi marketing, terdapat beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan, diantaranya adalah biaya, waktu, tingkat pengaruh, capaian target dan lain sebagianya. Pada perguruan tinggi swasta pengambilan keputusan terkait strategi marketing tidak hanya ditentukan oleh bagian Humas saja, akan tetapi  harus meminta pertimbangan dari pihak manajemen dan yayasan pemilik perguruan tinggi.

Berdasarkan  kompleknya permasalahan  yang  dihadapi,  diperlukan  sebuah  sistem pendukung  keputusan  kelompok  atau  Group  Decision  Support  System  (GDSS) dalam menentukan strategi marketing pergurauan tinggi.  Pada  penelitian  ini,  penulis  mengajukan  GDSS  menggunakan metode Analytical  Hierarchy Process (AHP) yang mendukung model Multi Attribute Decision Making (MADM) dan  Technique for  Order  Preference by  Similarity  to  Ideal  Solution  (TOPSIS)  sebagai  model  untuk  pengambilan keputusan.

Penggunaan  GDSS  pada penelitian ini bertujuan  untuk  mengakomodir  penilaian  lebih  dari  satu  evaluator  dan meningkatkan  kualitas  keputusan.  Dengan  demikian  diharapkan  penilaian  yang dilakukan lebih obyektif, karena tidak dilakukan oleh satu pihak saja. Perangkat lunak yang dibangun dari hasil penelitian ini diharapkan  mempermudah dan mempercepat dalam menentukan strategi marketing perguruan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

PlumX Metrics

Published

31-03-2019

How to Cite

Sumiyatun, Sumiyatun. 2019. “GDSS MULTI KRITERIA PENENTUAN STRATEGI MARKETING TERBAIK PERGURUAN TINGGI”. Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer Dan Manajemen 9 (1):15-23. https://doi.org/10.33020/saintekom.v9i1.73.

Issue

Section

Articles