Proses Peer Review

Proses Peer Review adalah proses di mana jurnal menilai kualitas naskah sebelum diterbitkan, ditinjau oleh para ahli yang relevan di bidangnya untuk mereview dan mengomentari naskah yang diterima. Proses ini bertujuan untuk membantu editor menentukan apakah naskah harus diterbitkan dalam Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen.

Poin penting dalam Proses Peer Review :

  • Naskah yang dikirimkan ke jurnal terlebih dahulu melalui penyaringan awal oleh tim editorial.
  • Naskah yang lolos pemeriksaan akan dikirim kepada dua peer reviewer untuk ditinjau.
  • Peer reviewer secara independen membuat rekomendasi kepada editor jurnal, apakah naskah harus ditolak atau diterima (dengan atau tanpa revisi).
  • Editor jurnal mempertimbangkan semua umpan balik dari peer reviewer dan membuat keputusan untuk menerima atau menolak naskah.

Peer Review Process untuk publikasi jurnal pada dasarnya adalah mekanisme kendali mutu, dimana para ahli mengevaluasi naskah yang bertujuan untuk memastikan kualitas dari naskah yang diterbitkan. Namun, peer reviewer tidak membuat keputusan untuk menerima atau menolak makalah, tetapi memberikan rekomendasi keputusan. Di jurnal, otoritas pengambilan keputusan hanya ada pada editor jurnal atau dewan editorial jurnal.

Bagaimana cara kerjanya?

Ketika naskah diserahkan ke jurnal, naskah dinilai untuk melihat apakah memenuhi kriteria untuk penyerahan. Jika ya, tim editorial akan memilih peer reviewer potensial dalam bidang penelitian untuk meninjau naskah secara sejawat dan membuat rekomendasi. Jenis peer review yang digunakan oleh Jurnal Saintekom : Sains, Teknologi, Komputer dan Manajemen yaitu:

  • Double-blind:peninjau tidak tahu nama penulisnya, dan penulis tidak tahu siapa yang mengulas naskahnya.

Berikut alur publikasi Jurnal Saintekom :

Jurnal ini menggunakan Open Journal Systems 3.3.0.8, yang merupakan manajemen jurnal open source dan perangkat lunak penerbitan dikembangkan, didukung, dan didistribusikan secara bebas oleh Proyek Pengetahuan Publik di bawah Lisensi Publik Umum GNU, Berikut Proses editorial dan publikasi pada OJS.