PENERAPAN METODE APRIORI SEBAGAI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBENTUKAN PAKET PENJUALAN BIBIT BUAH

Authors

  • Rifqi Hammad Universitas Bumigora
  • Veny Cahya Hardita STMIK Palangkaraya
  • Muhammad Zulfikri Universitas Bumigora
  • Eka Wahyu Sholeha Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.33020/saintekom.v12i1.240

Keywords:

Apriori, Data Mining, Assosiation, Taletan Ijo

Abstract

Taletan Ijo is an online shop that sells fruit seeds. In carrying out its business processes, he utilizes a sales information system. The system is used to manage sales data. If the data is not used, it will lead to accumulation of data but lack of information. Taletan ijo uses the manual method in its product marketing strategy so that the strategy used is not quite right. Stored sales transaction data can be used as a reference in making marketing strategies such as making product sales packages. This study uses data mining methods, namely associations with a priori algorithms to process transaction data into information that can help support decisions in determining marketing strategies. The results of the study show that the lift ratio test results obtained are 3.2 which indicates that the value is valid with a minimum number of transactions of 10 and a confidence value of 80.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, M. R. (2017). Implemantasi Data Mining Pada Transaksi Penjualan Bibit Buah Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : UD Buah asri. Tikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Fauzy, M., Saleh, R. K. W., & Asror, I. (2016). Penerapan metode association rule menggunakan algoritma apriori pada simulasi prediksi hujan wilayah kotabandung. J. Ilm. Teknol. Inf. Terap, 2(2), 221–227.

Firmansyah, A., & Merlina, N. (2020). Prediksi Pola Penjualan Tiket

Kapal Pt. Pelni Cabang Makassar Menggunakan Metode Algoritma Apriori. ITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(2), 183–190. https://doi.org/https://doi.org/10.33480/jitk.v5i2.1123

Fitriyani. (2015). Implementasi algoritma fp_growth menggunakan association rule pada market basket analysis. Informatika, 2(1), 296–305. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/ji.v2i1.85.

Hermaliani, E. H., Kurniawati, L., Haryanti, T., Mutiah, N., Kurniawan, A., & Renhoran, B. S. (2020). Data Mining Technique to Determine the Pattern of Fruits Sales & Supplies Using Apriori Algorithm. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012070.

Nst, A. H., Munthe, I. R., & Juledi, A. P. (2021). Implementasi Data Mining Algoritma Apriori untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST, 6(1), 188–197.

Oktaviani, A., TM Napitupul, G., Sarkawi, D., & Yulianti, I. (2019). Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 167–172. https://doi.org/https://doi.org/10.34288/jri.v1i4.96.

Packianather, M. S., Davies, A., Harraden, S., Soman, S., & White, J. (2017). Data Mining Techniques Applied to a Manufacturing SME. Procedia CIR, 123–128.

Phindika, Handrianto, Y., & Sukmana, S. H. (2021). Application of medical equipment procurement data miningusing the Apriori method. Sinkron : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 5(2), 213–220. https://doi.org/https://doi.org/10.33395/sinkron.v5i2.10876.

Rasyidah, H., & Dwiasnati, S. (2021). Rekomendasi Pemilihan Peminjaman Buku Favorit Di Perpustakaan Menggunakan Algoritma Fp-Growth. Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi ( Techno Explore), 6(1), 27–35.

Riszky, A. R., & Sadikin, M. (2019). Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan. Jurnal Teknologi Dan SistemKomputer, 7(3), 103–108. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

Rodiyansyah, S. F. (2015). Algoritma Apriori untuk Analisis Keranjang Belanja pada Data Transaksi Penjualan. Journal Infotech, 1(2), 36–39.

Romadhon, M. S., & Kodar, A. (2020). Implementasi Metode Market Basket Analysis (Mba) Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Transaksi Penjualan (Studi Kasus: Kafe Ruang Temu). Jurnal Saintekom, 10(2), 138–147.

Rusdiansyah, Suharyanti, N., Triningsih, & Murniyati. (2020). Application of Pizza SalesData Mining Using Apriori Method. SinkrOn : Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 4(2), 1–5.

Sudrajat, A. W., & Ermatita. (2021). Penerapan Metode Asssociation Rule Ming Dalam Pengembangan UMKM Dengan Algoritma FP-Growth. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST).

Syahrir, M., & Fatimatuzzahra. (2020). Integrasi Pendekatan Metode Custom Hashing dan Data Partitioning untuk Mempercepat Proses Pencarian Frekuensi Item set pada Algoritma Apriori. Matrik : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1),149–158.

Wahyuningtias, Y., & Rusdiansyah, R. (2019). Analisis PenerapanAsosiasi Untuk Menentukan Transaksi Penjualan Pada What’s Up Café Dengan Metode Algoritma Apriori. Jurnal Riset Informatika, 1(4), 181–186.

Widjaya, S. (2017). Sistem Penunjang Keputusan untuk Menentukan Barang Terlaris dengan Algoritma Apriori pada CV Calosa Global Indonesia. -Intech : Journal of Information and Technology, 5(2), 139–146.

Downloads

Published

2022-03-02

How to Cite

Hammad, Rifqi, Veny Cahya Hardita, Muhammad Zulfikri, and Eka Wahyu Sholeha. 2022. “PENERAPAN METODE APRIORI SEBAGAI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBENTUKAN PAKET PENJUALAN BIBIT BUAH”. Jurnal SAINTEKOM 12 (1):58-68. https://doi.org/10.33020/saintekom.v12i1.240.

Issue

Section

Articles